Setiap orang pasti mengetahui atau setidaknya pernah mendengar istilah asuransi kendaraan bermotor, khususnya bagi pemilik kendaraan bermotor yang menggunakan fasilitas penjaminan pinjaman melalui perbankan atau perusahaan pembiayaan, karena merupakan suatu kewajiban yang harus dipenuhi.
Jaminan utama asuransi kendaraan terdiri 2 jenis jaminan, yaitu:
1. Jaminan Comprehensive.
Jaminan ini memberikan perlindungan akibat risiko:
a. Kerugian Parsial berupa: Terbentur, tertabrak, tergelincir, terbakar, perbuatan jahat, dan lainnya yang nilai kerugiannya masih dibawah 75% dari nilai pertanggungan di polis.
b. Kerugian Total Loss berupa: Kehilangan akibat pencurian atau kerusakan lainnya yang nilai kerugiannya melebihi 75% dari nilai pertanggungan di polis.
2. Jaminan Total Loss Only.
Jaminan ini lebih terbatas dibandingkan jaminan Comprehensive, dan perlindungan akibat risiko yang dijamin hanya terbatas atas Kerugian Total Loss berupa, kehilangan akibat pencurian atau kerusakan lainnya yang nilai kerugiannya melebihi 75% dari nilai pertanggungan di polis.
Perlu diketahui bahwa jaminan diatas hanya merupakan jaminan dasar yang berlaku untuk kendaraan bermotor, dan belum mencakup untuk jaminan perluasan, seperti:
a. Jaminan Pihak Ketiga.
b. Jaminan Perlindungan Pengemudi dan Penumpang.
c. Perluasan terhadap Risiko Gempa, Kerusuhan, Huru-Hara dan Banjir.
d. Serta terdapat beberapa perusahaan asuransi yang mampu menyediakan layanan perluasan jaminan tambahan seperti Perluasan Bengkel Resmi dan Perluasan Mobil Pengganti atau Perluasan Penggantian Biaya Taxi selama kendaraan diperbaiki.
Lalu dengan memiliki seluruh jaminan diatas apakah otomatis penggantian akan diperoleh sepenuhnya? Jawaban atas pertanyaan ini adalah TIDAK. Masih ada faktor lain yang perlu diketahui yang dapat mengurangi besarnya penggantian kerugian, seperti: Own Risk / Risiko Sendiri, Pengecualian Umum, dan Persyaratan Umum / Khusus yang tertera di dalam polis asuransi kendaraan di Indonesia.
Kesimpulan:
Jadi mana yang lebih menguntungkan? Jaminan Comprehensive atau Jaminan Total Loss Only? Hal ini sangat bergantung seberapa jauh penilaian dan manfaat yang bisa dirasakan serta kebutuhan dari masing-masing pengguna. Konsultasi lebih lanjut dengan pihak yang sudah memiliki pengalaman berasuransi atau memiliki pengetahuan asuransi, sangatlah kami sarankan untuk mencegah kekecewaan atau kerugian.
Untuk Informasi lebih detail dapat menghubungi Customer Representative kami melalui email di tibi.general.co.id atau telepon ke +62 21 5704 704. Dan nantikan penjelasan kami atas Jaminan lainnya dalam artikel kami berikutnya.